Cara Dandan ala Korea dan Barat, Mana yang Akan Membuatmu Tampak Lebih Cantik?

Nggak bisa dipungkiri lagi, pemanfaatan make-up menjadi cara ampuh untuk menonjolkan fitur wajah yang dimiliki seorang cewek.
Saat ini, kebanyakan cewek Indonesia nggak hanya dibatasi dengan tata rias yang terinspirasi oleh film-film Hollywood saja, tapi juga oleh drama dan musik Korea yang membawa estetika Asia. Banyak dari mereka yang ingin berpenampilan seperti cewek-cewek Korea dengan kecantikannya yang natural serta kulit yang sehat dan awet muda.
Namun, ada juga para cewek yang lebih menyukai tampilan bold dan eksotis a la barat.
Betul, selain perbedaan karakteristik perawatan kulit, Korea dan negara barat seperti Amerika juga punya perbedaan yang sangat jelas dalam menampilkan riasan wajah.
Sebelum kamu contek, ini beberapa perbedaannya khusus buat kamu. Yuk, ketahui lebih jauh!

1. Penampilan kulit wajah; cewek Korea lebih suka wajahnya terlihat lembap dan berkilau dari dalam, sedang cewek barat menyukai hasil riasan yang matte dan sempurna

kiki-widyasari-dan-artis-korea
Penampilan kulit wajah cewek Korea yang lembap dan berkilau akan memberi kesan lebih muda, natural dan kulit yang tampak sehat. Sedangkan cewek barat ingin terlihat sempurna dalam hal polesan, mulus, matte dan cokelat eksotis.

2. Primer dan foundation; cewek Korea lebih suka pakai primer yang mencerahkan dan melembapkan kulit, cewek barat lebih memilih foundation yang bisa full coverage dan tahan lama

Cewek Korea jarang sekali menggunakan foundation dan lebih memilih BB cream atau BB cushion yang banyak mengandung SPF tinggi dan melembapkan. Mereka ingin wajahnya terlihat putih bercahaya dan lembap.
Sedangkan cewek barat lebih mementingkan foundation yang sifatnya bisa menutupi bagian-bagian tertentu yang mengganggu kemulusan wajah seperti jerawat, spot hitam, keriput, dan lain-lain.

3. Tampilan alis; cewek Korea lebih suka tampilan alis yang lurus dan natural, cewek barat yang alisnya dibuat melengkung, rapi dan tegas

Tampilan alis cewek Korea berbentuk garis lurus dengan rambut-rambut alis yang jelas. Tampilan seperti ini akan menunjang kesan muda dan innocent.
Berbeda dengan riasan alis a la barat yang bentuknya sangat rapi dan tegas, nggak ada sedikitpun rambut yang keluar dari garisnya. Bahkan untuk mempertegasnya, bagian luar alis diberi concealer atau highliter untuk menutupi sisa-sisa rambut alis yang menganggu.
Alis cewek barat umumnya dibuat melengkung pada bagian ekor untuk memberi kesan dewasa dan seksi.

4. Riasan mata; cewek Korea lebih fokus pada riasan mata yang cerah dan minimalis, cewek barat lebih berani dalam pemakaian perona mata yang smokey

Cewek Korea mengaplikasikan eyeliner dengan tipis dan sederhana tanpa bentuk yang beraneka ragam untuk menampilkan kesan natural dan puppy eyes.

Cewek barat ingin menghasilkan mata yang lebih terbuka dengan memberikan banyak style pada eyeliner seperti eyecat statement.

kiki-widyasari-dandan-ala-barat

Untuk eyeshadow, cewek Korea menyukai warna yang cerah dan lembut seperti peach, pink, cokelat, dan beige. Pengaplikasiannya pun sederhana, hanya menggunakan satu warna pada kelopak mata. Sedangkan cewek barat menyukai riasan mata yang bold dan smokey dengan pemilihan warna eyeshadow gelap seperti hitam, abu-abu gelap, bronze, atau copper. Mereka ingin matanya terlihat lebih menonjol.

Nggak seperti cewek barat yang mementingkan dramatic lashes yang tebal, cewek Korea jarang menggunakan fake lashes, sehingga penggunaan eyelash curler dan maskara natural sangat penting.

Cewek Korea nggak terlalu memusingkan kantung mata atau eye-bag, justru eye-bag menjadi salah satu bagian yang dianggap memberikan efek innocent. Sedang cewek barat memiliki tingkat coverage yang cukup tinggi pada bagian bawah mata.

5. Contour dan highlight; cewek Korea lebih suka menggunakan highlight untuk mencerahkan beberapa bagian di wajah, sedangkan cewek barat lebih suka teknik contour agar tirus dan terlihat menonjol

Cewek Korea nggak begitu familiar dengan contouring karena dianggap menghilangkan sifat natural dari wajah. Mereka lebih suka menggunakan teknik highlight, yaitu pencerahan beberapa bagian menonjol sehingga terlihat lebih shiny. Atau pengaplikasian blush on berwarna cerah pada bagian puncak tulang pipi untuk menghasilkan bentuk wajah yang oval.
Sedangkan cewek barat menganggap contour sebagai teknik yang disukai untuk menonjolkan bagian wajah tertentu dan memberikan kesan tirus. Mereka kerap menggunakan korektor warna untuk memperbaiki ketidaksempurnaan pada bentuk wajah, misalnya concealer untuk mencerahkan bagian kulit wajah yang gelap.

6. Bibir; cewek barat cenderung lebih berani dan seksi dengan warna-warna yang bold dan gelap. Sementara tren di Korea lebih mengarah pada warna-warna permen seperti pink dan oranye

Cewek Korea suka memanfaatkan teknik ombre yang memberi kesan cute dan bentuk bibir yang mungil. Pilihan formula yang paling banyak digunakan adalah lip-tint, berwarna cerah seperti pinkpeach, merah atau oranye.
Berbanding terbalik dengan cewek barat yang menggunakan tren Kylie Jenner, tampak full dan matte. Penggunaan lip liner sangat penting untuk memberi garis tegas yang membentuk bibir, sehingga bibir terlihat lebih besar dan bervolume.
Secara umum, cara dandan a la Korea lebih banyak menonjolkan kecantikan alami kulit tanpa terlalu banyak warna pada wajah demi mendapatkan tampilan awet muda. Berbeda dengan ciri khas make-up a la barat yang lebih berkarakter. Jadi, cara dandan mana yang ingin kamu jadikan acuan?
SUMBER: HIPWEE
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s